Bertemu Andrea Hirata

Aku bukan penggemar tulisan Andrea Hirata, apalagi mengidolakan orangnya. Tapi bukan berarti aku tidak mengagumi penulis berambut ikal itu. Siang tadi, aku berkesempatan bertemu dengannya.

Seperti novelnya Laskar pelangi, gaya tutur orang ini memang hidup. Kata-kata yang diucapkannya seolah menggiring satu keyakinan bahwa matahari akan selalu terbit dengan hangat esok hari, lusa, tulat, tubin. Ia sangat bersemangat menjelaskan tentang aliran karyanya yang disebutnya sebuah cultural novel.

Tentu, Andrea punya banyak sekali kosakata untuk  menjelaskan pemikirannya dan imajinasinya. Seolah aku memang sedang nimbrung di sebuah warung kopi di Gantong sana, sedang melihat pantai burung mandi yang tenang atau menapaki Bukit Samak A1yang zadul dan indisch.

Mendengar Andrea berbicara tadi, membuat pikiranku terlempar dan jatuh di Belitung Timur. Di dalam novelnya, Andrea melukiskan Gantong dalam era kejayaan timah tahun 1980 hingga akhir 1990-an adalah kota yang sepi dan terpencil. Tapi ternyata kota itu masih saja kota yang sepi di awal tahun 2008. Rasanya sulit bagiku saat itu untuk membedakan mana pasar dan mana permukiman. Kok, rasanya ya sama sepinya. Kota kecil itu seolah lengang diapit semak, perdu, perkebunan, dan rawa. wew ..

Sontak, itu membuatku takjub bahwa ada orang yang lahir dan tumbuh di kota kecil seperti Gantong bisa menjadi penulis tenar seperti Andrea. Debut novelnya, Laskar Pelangi (2006) sudah diterbitkan 5 juta eksemplar, tapi perkiraan buku bajakannya mencapai 15 juta eksemplar. Itu belum termasuk yang diterjemahkan dan beredar di daratan eropa, Jepang, dan Australia. Saat ini, dia tengah promosi dwilogi (2009) bertajuk Padang Bulan dan Cinta di Dalam Gelas.

Hmm.. waktu kecil dia baca apa ya sampai-sampai bisa punya imajinasi seperti itu? Ya, pembicaraan tadi menyemangatiku:  semua orang bisa menulis meski tidak semuanya bisa jadi penulis (tenar).

Bertemu Andrea Hirata

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s