Bebek Jalanan

Aku suka makan bebek. Mau digoreng atau dibakar, daging unggas yang satu ini terasa begitu gurih sekaligus berlemak di langit-langit mulut. Nikmat.

Ada sejumlah warung bebek favorit di Bandung. Paling favorit di A Yayo. Tapi, muncul rasa penyesalan tiada tara setelah menandaskan sepiring nasi mengepul, sambel korek, lalapan, dan tentunya daging bebek gurih sekaligus berlemak. Rasa gurih sekaligus berlemak itu adalah a silent killer: meningkatkan kolesterol darah sekaligus mempertebal pundi-pundi lemak di lipatan tubuh Anda.

Demi melunasi rasa penyesalan itu, aku dan the girl next door sampai bikin semacam janji-kesepakata-komitmen-gentleman’s agreement tidak akan makan bebek tanpa gowes. Tapi jelas kami bukan gentleman, alhasil beberapa kali agreement ini pun dilanggar. Makan bebek tanpa gowes. wew ..

Tapi bebek yang kulihat kemarin siang sungguh jauh dari nikmat. Alih-alih laper, yang ada sedih.  Yang kulihat kemaren adalah pemandangan seorang bapak setengah baya membawa belasan bebek di bagian belakang motor bebeknya. Bebek-bebek itu dibawa dengan digantung begitu saja hingga kepalanya menjulur ke bawah.

Bagi bebek yang beruntung, kepalanya terjulur sambil toleh kanan kiri tidak kurang suatu apa. Tapi bebek yang tidak beruntung, kepalanya terantuk di atas knalpot yang panas. Dan bebek-bebek yang sangat tidak beruntung kepalanya tersangkut ruji motor sehingga berdarah dan nyaris putus … huhuhu. Kasihaaaan.

Saat itu juga aku kepikiran. Mana yang lebih membuat si bebek menderita ya, mati karena leher terlibas ruji atau dia mati terpotong dan terpanggang dan terlumat di perutku?

Bebek Jalanan

2 thoughts on “Bebek Jalanan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s