Gang Delima

Kalau ada daftar tanaman yang menghilang dari pekarangan rumah, pohon delima musti dimasukkan ke daftar itu. Sekarang ini, mudah dihitung pake jari,siapa saja yang masih punya pohon delima di pekarangannya.

Dulu, delima kelihatannya jadi tanaman populer jadi peneduh pekarangan. Tapi sebetulnya, pohon ini lebih mirip semak tinggi ketimbang peneduh. Batangnya kecil-kecil tapi rimbun. Daunnya lebat. Sementara buahnya paling seukuran kepalan tangan menjuntai satu satu di sela-sela dedaunan. Bukan pohon yang cantik apalagi menarik.

Sangking populernya si delima ini, orang di kampung tempat tinggal Simbah di Purwokerto ramai menanam delima. Alhasil, waktu aku kecil, hampir setiap pekarangan di sepanjang gang punya pohon Delima. Buahnya kalau matang kelihatan ngawe-awe di atas pagar teh-tehan. Pantaslah kalau gang itu dinamai Gang Delima. Ya, karena memang banyak pohon delima. Tapi, biar begitu, aku nggak pernah kesengsem sama delima. Aseeeem.

Tapi itu dulu. Sekarang, 20 tahun berselang, gang itu masih disebut gang delima meski pohonnya udah jarang terlihat. Di pekarangan rumah Simbah aja udah lama tumbang kalah sama teras.

Tapi kayaknya aku berjodoh sama pohon delima. Ada pohonnya di rumah kosku sekarang. Bersisian dengan tanaman yang nggak kalah zadul, belimbing wuluh. Aku udah ngerasain hasilnya. Aseeem.

Tapi dasar si buah ini sekarang udah langka, akhirnya ada saja orang yang penasaran. Pernah ada satu tangkai buah disayang-sayang biar masak di pohon. Eh, baru setengah mateng, ada orang jahil yang nyolong. Ibu kos pun kecewa bukan kepalang.

Yah, gitu deh nasib si delima. Dibiarin ngilang, eh begitu langka dicari-cari. Jadi, pengen punya pekarangan njuk tanam delima. Sapa tau akhir tahun nanti nasibnya jadi kayak gelombang cinta .. yang perdaun bisa dihargai 50 ribu. Wah …

Gang Delima

2 thoughts on “Gang Delima

  1. nun says:

    nggak kesengsem sama delima, tapi berjodoh dengan delima… lha terus akhire entuk sopo iki?😀 ehm, sepertinya sama mangga ini cocoknya :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s