Baru

Katanya nih, segala sesuatu yang baru itu menyenangkan. Sederet hal baru yang menyenangkan ketika usia SD apalagi kalau baju baru, sepatu baru, buku baru, tas baru. Dulu, aku selalu pengen menempelkan idung ini berlama-lama di benda-benda itu untuk mengendus kebaruannya.

Meningkat lagi. Ketika usia sekolah menengah, SMP ato SMA, hal baru yang menyenangkan hati sudah beralih. Yang kalo dulu ketika SD dipuja puji setengah mati, di bangku SMA tentu sudah nggak memesona lagi. Trus apa yang menarik dari hal baru? Apalagi kalau bukan teman baru, motor baru, hape baru, pacar baru .. (Hmmm, keknya kalau yang terakhir itu sampai tua pun kayaknya selalu bikin hati berbunga-bungan ya?)

Kalau kuliah, nah ini susahnya. Mungkin bukan wujud fisik lagi yang dicari. Seperti pikirannya yang mulai abstrak (mungkin terlalu banyak menyantap misteri angka, menimbun pemikiran Sartre, atau malah meyakini nihilisme). Kupikir, anak kuliahan mungkin lebih tertarik pada pengalaman baru, ilmu baru, ketrampilan baru..

Ah, aku kok jadi sok tau begini ya? Tentu saja, itu penggolongan usia dan ketertarikan atas kebaruan yang sangat ngawur dan serampangan. Aku cuma mau bercerita bahwa ternyata nggak semua hal baru itu menyenangkan. Seseorang yang lama tapi ingin diperlakukan seperti teman baru bagiku sangat menyebalkan. Tiba-tiba muncul setelah lima tahun nggak bertukar kabar.  Dan munculnya pun tengah malam, seperti pocong, dan ingin diperlakukan seperti teman baru pulak. Huh!

Maaf, persoalannya bukan lagi lama atau baru. Tapi semua itu sudah kuanggap hilang!

Baru

2 thoughts on “Baru

  1. sebenarnya lebih tepat judulnya diganti dengan ‘barang lama yang sudah hilang’. bukan, bukan berjudul ‘baru’.

    kalo pacar baru, berarti juga menempelkan idung….
    dikira si pluto yang suka snif2 ntar…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s