Durian

Suka buah durian? Ehm.. buah yang satu ini banyak yang menyukai. Konon, inilah buah para raja di Sumatera sana. Disajikan segar maupun sebagai hidangan istana yang mengundang selera. Lempok, tempoyak, hmm.. apa lagi ya olahan dari durian itu? Eits, tapi nggak sedikit yang membenci. Mencium baunya yang menusuk bisa bikin mabuk. Apalagi kalau mencoba daging buahnya, perut panas rasanya mulas.

Bagi pencinta durian, tentulah buah ini tidak tergantikan rasanya.  (Ya jelas lah, masak durian di ganti jeruk?!) Dari segi harga saja sudah berbeda. Sebagai perbandingan, di Jawa, di daerah yang bukan sentra durian, beli 20.000 perak paling bagus dapat tiga biji. Itupun yang kurus kering tidak memesona. Tapi kalau di Bengkulu misalnya, kalau pas musimnya, satu butir dapet cukup 2.000 perak dengan daging buah yang tebal dan manis. Gitu juga di Bandung. Aku yang bukan pencinta durian tentu nggak mau repot dengan duri-durinya. Cukup beli es durian di Warung Sakinah di Simpang Dago 10.000 perak dan harus puas hanya dengan 5 biji durian.

Ya ya.. itulah durian. Namanya juga durian. Punya akar kata duri. Jadi artinya, ya, buah berduri. Jangan cuma mau enaknya, tapi juga harus ambil resikonya. September 2005, pesawat Mandala Airlines penerbangan 091 jatuh di Padang Bulan, Medan. Karena durian? Wah.. nggak (tahu). Tapi waktu kejadian, banyak orang mencurigai pesawat itu jatuh gara-gara mengangkut durian hampir 2 ton!

Ya ya .. itulah durian. Mungkin inilah buah kutukan. Dicari sekaligus dicaci. Kalau mau dimirip-miripkan, durian ini ibarat apel, buah nan cantik dari surga yang begitu diinginkan Adam. Cantik, tapi memabukkan hingga membuat Adam terusir dari surga. Emang mirip? Iya dimirp-miripkan meski fisiknya jelas berbeda.

 Aku hanya tiba-tiba teringat kalau durian dan apel itu sama-sama jadi julukan sebuah kota. Kota kutukan, yang didatangi ribuan orang setiap tahun tapi juga dicaci maki setiap hari. Ya ya.. apel untuk New York, The Big Apple. Dan durian untuk kota Jakarta, sebuah Durian Besar!

Ya, ya… itulah durian. Sekali lagi, aku bukan pencinta sejati durian. Aku menikmati buahnya tapi aku tidak mau repot dengan duri-durinya. Namun sekarang ini, aku harus siap. Aku akan mencicipi durian dan sekaligus durinya (kuharap tidak!) selama dua setengah bulan. Yay!

Durian

6 thoughts on “Durian

  1. masih ingat dengan “rejeki durian runtuh” dari Bank BNI. wah semoga kamu buka durian dapat mercedes E-class!wah rejeki tenan, duri-nya dibuang aja mbak, dibuang disampah yang organik but buahnya yang nikmat kita makan dgn penuh rasa syukur jadinya enak deh…lupa ama duri-nya yang sempat menyakiti sedikit waktu membukanya….slamat bertugas!bilapun menemukan duri tapi tidak membuat luka tapi menambah daya…

  2. ndah, tadinya aku mengira dirimuh pindahan kosan.. ah!! tak tahunya aku terkecoh abizz… ternyata yg di kamsud pindahan blog provider tah… hiyakakakka.. baidewei beni naek baswei.. jangan pernah kau lupa ndah.. di jogja ada satu durian yang selalu nangkring di kursi sebelah saya.. dan.. kadang memang.. aromanya “menusuk” membuat tak nyaman… hueueuhehhehe… *jangan bilang2 ma orangnye ye*
    becanda just kidding juga kaleee

  3. Jeng, di semarang juga lagi musim durian nih (pastinya!) n untungnya bos2 dsini pada suka makan durian RAME-RAME n kita punya mas Agus yang udah bersertifikat sebagai penaksir durian enak…jadi, malem2 kadang aku pusing tujuh keliling..bukan karena kerjaan tapi karena kebanyakan makan durian. Duren oh duren…

  4. mesti ini gara2 di kota besar plus tinggal di mess:D
    ayo kecaplah nikmatnya durian, tanggal 27 besok dengan nggosip bersama
    para bala kurawa-gossipers dari slg 99, di plasa semanggi, hueueueueueue
    C U, jeng!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s